Nama Lengkap : Ederson Santana de Moraes
Tempat Lahir : Osasco, Brasil
Tanggal Lahir : 17 Agustus 1993
Kebangsaan : Brasil
Klub : Manchester City
Posisi : Kiper
No Punggung : 31
Tinggi : 188 cm

 

Karir

2015-2017 : Benfica
2017-Pend : Manchester City


Ederson Santana de Moraes lahir di Osasco, Brasil, 17 Agustus 1993 adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Brasil yang bermain untuk klub Liga Premier Manchester City dan timnas Brasil sebagai penjaga gawang.

Dia memulai kariernya di Sao Paulo pada 2008, sebelum bergabung dengan klub Portugal Benfica, satu tahun kemudian, di mana dia menghabiskan dua musim sebagai junior. Pada 2012, ia pindah dari Ribeirao ke Rio Ave. Dia bergabung kembali dengan Benfica pada tahun 2015 dan ditugaskan ke cadangan sebelum memulai debut untuk tim pertama, dengan siapa dia akan memenangkan empat gelar utama dalam dua musim. Setelah akhir musim 2016-17, ia bergabung dengan klub Inggris Manchester City seharga £ 35 juta, menjadi penjaga gawang termahal sepanjang masa dalam hal nilai nominal pound sterling pada saat transfernya.

Pada 27 Juni 2015, Ederson bergabung dengan juara Portugal Benfica. Kemudian, pada bulan Juli, ia secara resmi menandatangani kontrak lima tahun dengan klub, dalam sebuah kesepakatan senilai € 500.000, dan menetapkan klausul pembebasan € 45 juta. Rio Ave akan mempertahankan 50% dari hak ekonomi penjaga yang akan datang. Pada musim 2015–16, Ederson dimulai sebagai pilihan kedua di lini untuk tim pertama, yang dibela oleh rekan senegaranya dan Julio Cesar internasional.

Ederson pertama kali memainkan beberapa pertandingan di Segunda Liga dengan tim cadangan dan di Taça da Liga dengan skuat utama, sebelum bermain di Liga Primeira pada 5 Maret 2016 melawan rival lokal Sporting CP, menggantikan Julio Cesar yang cedera. Benfica memenangkan derbi Lisbon 0-1 dan mengambil tempat pertama Liga Primeira. Dia kemudian akan menjadi bagian dari sebelas kemenangan lagi yang akan menyegel gelar liga ke-35 dan ketiga Benfica secara beruntun. Lima hari kemudian, ia memainkan final Taça da Liga melawan Marítimo, yang Benfica menang 6–2. Selain itu, ia memainkan tiga pertandingan dalam kampanye Liga Champions UEFA, di mana Benfica mencapai babak perempat final. Di musim berikutnya, ia memenangkan treble Primeira Liga, Taça de Portugal dan Supertaça Cândido de Oliveira.

Pada 1 Juni 2017, Benfica mengumumkan bahwa Ederson telah bergabung dengan klub Liga Premier Manchester City seharga £ 35 juta (€ 40 juta), membuatnya menjadi penjaga gawang termahal kedua sepanjang masa, setelah Gianluigi Buffon (£ 32.6 juta), yang biaya transfernya, meskipun tertinggi kedua dalam pound sterling, masih tetap tertinggi sepanjang masa dalam Euro, ketika ia pindah dari Parma ke Juventus seharga € 52 juta (100 miliar lira) pada tahun 2001. Transfer sama dengan transfer Axel Witsel sebagai biaya terbesar yang pernah dibayarkan klub untuk pemain Benfica.

Ederson segera dimasukkan sebagai kiper pilihan pertama Pep Guardiola, menggantikan Claudio Bravo. Dia membuat debut kompetitifnya untuk klub pada 12 Agustus 2017, dalam kemenangan tandang 0-2 di Brighton, di mana dia menjaga clean sheet. Pada 9 September, melawan Liverpool, Ederson mengalami tendangan ke muka oleh Sadio Mané, dan dipaksa untuk meninggalkan permainan setelah delapan menit perawatan. Ederson menerima delapan jahitan, dan Mané diusir wasit Jon Moss dan dilarang untuk tiga pertandingan berikutnya. Meskipun demikian, Ederson membuat permulaannya berikutnya minggu depan di Liga Champions melawan Feyenoord, mengenakan pelindung kepala pelindung.

Email