Nama Lengkap : Raheem Shaquille Sterling
Tempat Lahir : Kingston, Jamaika
Tanggal Lahir : 08 Desember 1994
Kebangsaan : Inggris
Klub : Manchester City
Posisi : Gelandang
No Puggung : 7
Tinggi : 170 cm

Karir

2003-2010 : Quin Park Rangers
2010-2012 : Liverpool youth
2012-2015 : Liverpool
2015-Pend : Manchester City


Raheem Sterling lahir pada 8 Desember 1994 di Kingston, Jamaika. Di Jamaika, Sterling kecil diasuh oleh neneknya. Pada usia 5 tahun, Sterling berimigrasi ke Inggris bersama ibunya. Tinggal di London, Sterling masuk ke Copland High School di Wembley.

Selama di London, Sterling mulai menumbuhkan kecintaan terhadap sepakbola. Didukung dengan bakat alami, Sterling bergabung dengan akademi Quin Park Rangers pada usia 10 tahun. Bakatnya berkembang pesat di QPR dan namanya sempat menghiasi sampul depan majalah Jamaika, The Gleaner, yang menyebut Sterling sebagai bakat besar yang memukau publik Inggris.

Berada di QPR sejak 2003, pada 2010 Sterling di kontrak oleh Liverpool yang saat itu berada di bawah kepelatihan Rafael Benitez. Liverpool memboyong Sterling dengan harga 600 ribu Poundsterling yang dapat meningkat hingga 5 juta PoundsterlingĀ  tergantung pada jumlah laga yang ia jalani.

Di awal karirnya di Liverpool, Sterling bermain untuk Liverpool youth team. Gol pertamnyaia cetakĀ  di sebuah laga persahabatan melawan Hibernian dimana golnya memaksa hasil imbang 2-2 bagi kedua klub. Karir Sterling di youth team sangatlah bersinar. Ia pernah mencetak 5 gol dalam 1 pertandingan saat Liverpool berpesta 9-0 ke gawang Southend United.

Tahun 2012, Sterling menandatangani kontrak tim senior Liverpool. Saat menjalani debutnya melawan Wigan Athletic pada 24 Maret 2012, Sterling menjadi pemain termuda kedua yang bermain untuk tim senior Liverpool. Debutnya di tingkat Eropa terjadi pada Agustus 2012 saat Liverpool melawan Gomel di ajang UEFA Europe League.

Golnya ke gawang Reading pada 20 Oktober menjadikannya pemain termuda kedua Liverpool setelah Michael Owen yang mencetak gol di laga kompetitif resmi. Dengan kemampuannya, Sterling dianggap sebagai pemain masa depan Liverpool.

Pada bulan Juli 2015, Raheem Sterling akhirnya resmi meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Manchester City. Berhasil menyelesaikan proses transfer Raheem Sterling dari Liverpool, Raheem Sterling langsung menandatangani kontrak dengan durasi lima musim di Etihad Stadium. Manchester City membayar sebesar 49 juta poundsterling atau sekitar 1 triliun rupiah demi memboyong Sterling.

Email